Pengaruh penerapan syariat islam terhadap etika bisnis restoran

  • Aurellia Nayla Kamila Brawijaya University
  • Christine Yovita Emaldy Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
  • Jocelyn Ardelia Purnama Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
  • Putri Naurah Nurnazhifah Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
  • Yasmin Mutia Salina Universitas Brawijaya, Jl.Veteran, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
Keywords: Business Ethics, Restaurant Business, Islamic Business Ethics, Al-Qur’an

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan syariat agama Islam terhadap etika yang diterapkan pada bisnis restoran Ayam Geprek dan Susu (PREKSU). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dari hasil data lapangan dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan merekam suara serta mengambil gambar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bisnis restoran PREKSU menerapkan etika bisnis Islam yang berlandaskan prinsip-prinsip syariat Islam seperti tauhid, adil, tanggung jawab, kehendak bebas, dan ihsan.

 

Kata Kunci : Etika Bisnis, Bisnis Restoran, Etika Bisnis Islam, Al-Qur’an

References

Addury, M. M. (2023). Pemaknaan Laba Usaha di Kalangan Pebisnis Keuangan Syariah. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(2), 105–116. https://doi.org/10.35905/balanca.v5i2.7944

Algaoud, L. M., and Lewis, M. K. (2001). Perbankan Syariah Prinsip Praktik Prospek, Terjemahan, Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

An, Q., A’yun, N., Maulidia Chusma, N., Nurul, C., Putri, A., Latifah, F. N., & Sidoarjo, U. M. (2021). Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Online Pada E-Commerce Popular Di Indonesia. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 1(2), 166–181.

Andi Wawan Mulyawan, & Koesmawan, K. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Pengelolaan dan Pelayanan Unit Bisnis Wahdah Islamiyah. NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 9(2), 153–177. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v9i2.1049

Badroen, F., Suhendra, Mufraeni, M. A., & Bashori, A. D. (2007). Etika Bisnis dalam Islam. Kencana Prenada Media Group.

Bertens, K. (2013) Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Djakfar, H. M. (2012). Etika bisnis: Menangkap spirit ajaran langit dan pesan moral ajaran bumi. Penebar Plus.

Hasanah, J., Deti, S., Yanuri Posha, B., Agama, I., Sultan, I., Syafiuddin, M., & Kalimantan Barat, S. (2024). Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Kuliner Di Putussibau Kalimantan Barat. In Equivalent : Journal Of Economic, Accounting and Management (Vol. 2, Issue 2). http://jurnal.dokicti.org/index.php/equivalent/index

Juliyani, Erly. (2016). Etika Bisnis dalam Perspektif Islam. Jurnal Ummul Qura, Vol 7 No 1 hal. 63-74.

Miles, M. B., dan Huberman, A.M. (1992). Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Moleong, L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja RosdaKarya.

Muhit, M., Studi, P., Syariah, E., Syariah, F., Agama, S. T., Al-Ma’, I., & Sholeh, J. U. (2023). Pengaruh Transformasi Etika Bisnis Terhadap Layanan Industri Perbankan Syariah. Universitas Galuh 184 Jurnal Media Teknologi, 09.

Mulawarman, A. (2016). 2024: Hijrah untuk Negeri Kehancuran atau Kebangkitan? Indonesia dalam Ayunan Peradaban. Jakarta Selatan. Yayasan Rumah Peneleh.

Najma, S. (2008). Bisnis Syariah Dari Nol. PT. Mizan Publika.

Norvadewi, N. (2015). Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep, Prinsip dan Landasan Normatif). Al-Tijary, 1(1), 33–46.

Nugrahani, Farida. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Solo: Cakra Books.

Ramadhany, N.P., Aravik, H., & Choirunnisak. (2023). Analisis Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam Terhadap Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Pada Rozza Bakery Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA) Vol.3, No.1.

Rohmawan, A. R., & Praptowo, B. D. (2019). Determinan Praktik Nilai-Nilai Bisnis Islam: Implikasi The Celestial Management Di Usaha Kuliner Preksu.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Ratih, I.S, Ridho, Z., Aisyah, S. (2020). Etika Bisnis Islam dalam Manajemen Bsinis Kuliner. Ar-Ribhu: Manajemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Vol. 1, No. 2.

Utomo, K. W., Aji, R. H. S., & Aravik, H. (2022). Islamic Entrepreneurship :Konsep Berwirausaha Ilahiyah. Jakarta: Media Edu Pustaka.

Ridho. Z, Aisyah, S. & Mannan, A. (2023). Implementasi Etika Bisnis Islam Pada UKM Sate Khas Madura. ILTIZAMAT: Journal of Economic Sharia Law and Business Studies, 2(2), 88–99. https://doi.org/10.55120/iltizamat.v2i2.1378

Published
2024-06-28
How to Cite
Kamila, A. N., Yovita Emaldy, C., Ardelia Purnama, J., Naurah Nurnazhifah, P., & Mutia Salina, Y. (2024). Pengaruh penerapan syariat islam terhadap etika bisnis restoran. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 6(1), 1-10. https://doi.org/10.34199/oh.v6i1.192