Konsep pendidikan zelfbestuur yang dicitakan hos. tjokroaminoto
Abstract
Pendidikan di Indonesia saat ini telah masuk ke ruang industrialisasi, sehingga konsep pendidikan hanya bertumpu pada rasional-empiris. Tulisan ini mencoba menelaah fitrah konsep pendidikan yang diajarkan oleh HOS Tjokroaminoto alias Pak Tjokro untuk generasi pada tahun-tahun Pak Tjokro berjuang dan setelahnya. Metode yang digunakan ialah studi literatur dan pembacaan sejarah tentang pendidikan dari abad 19 sampai abad 21. Hasil telaah perkembangan pendidikan di dunia ini (baik barat maupun timur) menemukan bahwa pendidikan tidak hanya sampai pada proses penyadaran saja, tetapi lebih jauh dari itu, bentuk pendidikan yang sesuai fitrah adalah yang diaksikan untuk masyarakat sekitarnya dan atau yang lebih luas, berlandaskan pada religiositas-kebangsaan.
References
Heriyanto Husain. (2000). Kapitalisme: Sebuah Modus Eksistensi. Luk.Staff.Ugm.Ac.Id. https://luk.staff.ugm.ac.id/kmi/islam/gapai/Kapitalisme.html
Kuntowijoyo. (2007). Islam Sebagai Ilmu (M. Yahya (ed.); 2nd ed.). Tiara Wacana.
Muhyidin, M. (2008). Hidup di Pusaran Al-Fathihah (Y. S. Hidayat (ed.); 1st ed.). Penerbit Mizania.
Mulawarman, A. D. (2016). 2024 Hijrah Untuk Negeri: Kehancuran atau Kebangkitan (?) Indonesia dalam Ayunan Peradaban (Kamayanti,). Penerbit Peneleh.
Mulawarman, A. D. (2021). Jang Oetama: Jejak & Perjuangan HOS Tjokroaminoto (A. Kamayanti (ed.); 6th ed.). Penerbit Peneleh.
Nadvi, S. H. H. (1982). Dinamika Islam (A. Hikmat (ed.); 1st ed.). Penerbit Risalah.
Octaviana, A. (2019). Deretan Artis yang Lebih Memilih Homeschooling Ketimbang Sekolah Umum. Popbela.Com. https://www.popbela.com/career/inspiration/aditya-octaviana/deretan-artis-yang-lebih-memilih-homeschool-ketimbang-sekolah-umum/7
Tjokroaminoto, H. O. S., & Mulawarman, A. D. (2019). Memeriksai Alam Kebenaran (1st ed.). Penerbit Peneleh.
Copyright (c) 2022 Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.