Kepemimpinan islami dalam manajemen lembaga pendidikan

  • Iskandar Eka Asmuni Peneleh Reseach Institute
Keywords: Peran Pemimpin, Kepemimpinan islami, Sifat Kenabian, Role of Leaders, Islamic Leadership, Prophetic Nature

Abstract

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk menelaah sejauh mana peran pemimpin dan penerapan kepemimpinan Islami pada lembaga pendidikan Islam. Lembaga yang berlandaskan Islam haruslah menjadikan Al-Quran dan Hadist sebagai pijakan dasar dalam setiap Manajemen, tak luput juga dalam hal Kepemimpinan, dalam hal ini dipotret melalui sifat-sifat Kenabian, yaitu Sidiq, Amanah, Tabligh dan Fatonah. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menujukkan secara garis besar bahwa nilai-nilai Islam sudah diterapkan dan selalu dipertahankan dalam proses kepemimpinan. Nilai kepemimpinan islami seperti siddiq, amanah, tabligh dan fatonah sudah diterapkan pada perannya sebagai pemimpin yaitu sebagai panutan, perintis, penyelaras dan pemberdaya.

Kata Kunci: Peran Pemimpin; Kepemimpinan islami; Sifat Kenabian

 

Abstract

This study aims to examine the extent of the Role of Leaders and the Application of Islamic Leadership in Islamic educational institutions. Institutions that are based on Islam must make the Quran and Hadiths as a basic foothold in every management, not least in terms of leadership. In this case it will be portrayed through the attributes of Prophethood, namely Sidiq, Amanah, Tabligh, and Fatonah. The method used is a qualitative research method with a case study approach. The results of the study show in broad outline that Islamic values have been applied and are always maintained in the leadership process. The values of Islamic leadership such as siddiq, amanah, tabligh, and fatonah have been applied to their role as leaders, namely as role models, pioneers, harmonizers, and empowerers.

Keywords: Role of Leaders; Islamic Leadership; Prophetic Nature

References

Adiba, E. M. (2018). Kepemimpinan Islami, Kepuasan Kerja, Komitmen Kerja, Dan Loyalitas Kerja Karyawan Bank Syariah Mandiri Di Sidoarjo. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 2(1), 60-80.

Covey, S. (2005). The 8th Habit. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Departemen Agama RI. (2015). Al Quran Terjemah Al Muhaimin. Jakarta: Al Huda

Kamayanti Ari. (2016). Metodologi Konstruktif Riset Akuntansi membumikan Religiusitas. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh.

Nawawi, H. (2001). Kepemimpinan Menurut Islam (2nd ed.). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Syafii, A. (2009). Muhammad SAW: The Super Leader Super Manager. Jakarta Selatan: Tazkia Publishing and ProLM Centre.

Subhan, M. (2013). Kepemimpinan Islami dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Tadrîs, 8(1), 125-140.

Husna, F. (2017). Kepemimpinan Islami dalam Meningkatkan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Misykat, 02(02), 131-154.

Ikhwan, A. (2018). Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam, 3(2), 111-154.

Muzammil, M. (2017). Konseptualisasi Kepemimpinan Islami dalam Pengembangan Pendidikan Islam. At-Turāṡ, IV(2), 256-278.

Shalihah, M. (2015). Peran Kepemimpinan Islami dalam Peningkatan Manajemen UsahaPerusahaan. Tahkim, XI(2), 115-129.

Published
2020-07-31
How to Cite
Asmuni, I. E. (2020). Kepemimpinan islami dalam manajemen lembaga pendidikan. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 2(1), 1-14. https://doi.org/10.34199/oh.2.1.2020.001