Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan adalah jurnal yang membangkitkan kembali semangat dari harian Oetoesan-Hindia yang dikelola oleh HOS Tjokroaminoto pada tahun 1913-1923. Jurnal ini mempublikasikan artikel ilmiah baik dalam bentuk kajian teoritis dan empiris dalam bidang nasionalisme, religiositas kebangsaan, perburuhan, kebhinekaan, kebudayaan nasional, pendidikan kebangsaan, kedaulatan ekonomi dan politik, serta kemandirian.

Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan terbit dua kali satu tahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini diterbitkan oleh Peneleh Research Institute di bawah Yayasan Rumah Peneleh dan bersifat open-access. Seluruh artikel telah memiliki ISSN: 2716-344X (media online). Seluruh artikel tersimpan dalam LOCKSS archival system.

 

Dicari Aktivis Peneleh untuk Menjadi Editor dan Reviewer

2020-02-23

Salam Zelfbestuur! Aksi!

Jika ingin menjadi pemimpin besar, menulislah seperti wartawan dan berbicaralah seperti seorang orator (H.O.S. Tjokroaminoto).Kalau belum bisa? Ya, belajar! Salah satu mengasah kemampuan menulis adalah menjadi editor. Bisa mengomentari pekerjaan orang lain, berarti harus bisa memperbaiki kualitas diri sendiri. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan memanggil Aktivis Peneleh untuk menjadi editor dan reviewer dari bidang ilmu ekonomi, akuntansi, hukum, politik, filsafat, psikologi, kesehatan, dan bidang ilmu lain yang relevan dengan budaya, jiwa Pancasila, serta semangat kemandirian Indonesia. Terlampir syarat dan ketentuan serta narahubung informasi dan pendaftaran.

Jangan menjadi buih di lautan, jadilah ombak yang menggulung lautan! (A Dedi Mulawarman)

Jangan cuma bisa jadi penikmat karya, jadilah pencipta, lebih asyik lagi berproses di balik layar. Kata saya.

 

Kepala Dewan Redaksi,

Elana Era Yusdita

 

Vol 2 No 1 (2020): Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan

Published: 2020-08-01

Analisis penetapan harga jasa fotografi

Iga Silviana, Rara Ulfah Ikhtiarini, Rizka Amisa Putri, Mita Yulia Putri (Author)

15-20

Ibu: kalkulator dalam akuntansi keluarga

Amatullah Noor Hanifah, Ravy Bhimantari, Catur Sarahwangi (Author)

31-38

Mengungkap makna di balik budaya uang pelicin kepada aparat desa

Eka Agustina, 'Ilma Miftah Izazi, Lusiana Nurfauziah, Wulan Agustiningrum (Author)

39-43

View All Issues