Menembah gusti sebagai basis adab menuntut ilmu

  • Nanda Iqbal Firmansyah Universitas Brawijaya
  • Aji Dedi Mulawarman Universitas Brawijaya
Keywords: Pendidikan, Adab, Rasa Menembah Gusti, HOS Tjokroaminoto

Abstract

This study aims to explore the understanding and experience of awareness about the study manners of accounting students of Universitas Brawijaya based on the concept of menembah Gusti (worshipping God) according to the thinking of HOS Tjokroaminoto, as an important part of the practical objectives of accounting education. The research method used in the research is Hyper-Postphenomenology and the objects were students who have taken the Professional Business Ethics course. The results showed that all informants had a conceptual understanding of the importance of menembah Gusti which was represented by manners (adab) before science. Different results can be seen at the awareness implementation stage with regard to worshipping God which is represented through adab before science, manners in knowledge, and manners in all activities. Only one informant has an implementative awareness regarding manners.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman dan pengalaman berkesadaran mengenai adab menuntut ilmu mahasiswa akuntansi Universitas Brawijaya berbasis konsep menembah Gusti menurut pemikiran HOS Tjokroaminoto, sebagai bagian penting dari praksis tujuan pendidikan akuntansi.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalahHyper-Postphenomenologypada mahasiswa akuntansi yang telah menempuh mata kuliah Etika Bisnis Profesi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua informan memiliki pemahaman konseptual mengenai pentingnya menembah Gusti yang direpresentasikan melalui adab sebelum ilmu.  Hasil yang berbeda terlihat pada tahapan implementasi berkesadaran berkenaan menembah Gusti yang direpresentasikan melalui adab sebelum ilmu, adab dalam berilmu, dan adab di seluruh aktivitas. Hanya satu informan yang telah memiliki kesadaran implementatif berkenaan dengan adab.   

 

References

Al-Attas. 1996. Konsep Pendidikan Dalam Islam (Haidar Bagis, Penerjemah). Bandung: Mizan.
Anonim. 2008. Telkomsel Dituding Rugikan Pelanggan Miliaran Rupiah. Diakses dari website https://inet.detik.com/telecommunication/d-1010207/telkomsel-dituding-rugikan-pelanggan-miliaran-rupiah
Anonim. 2012. Sejumlah Siswa Tertangkap Mencontek. Diakses dari website www.liputan6.com: https://www.liputan6.com/news/read/389459/sejumlah-siswa-tertangkap-mencontek.
Bertens, Kees. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.
Chwastiak, M., dan J. J. Young. 2003. Silences in Annual Reports. Critical Perspectives on Accounting 14: 553-552.
Dwiningrum, S. I. A. (2012). Ilmu Sosial & Budaya Dasar. Yogyakarta. UNY Press.
Goleman, Daniel. 2003. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hampton, Keith N. 2011. Social Networking Sites and Our Lives. Diakses dari website www.pewresearch.org: https://www.pewresearch.org/internet/2011/06/16/social-networking-sites-and-our-lives-2/
Kamayanti, Ari. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif Akuntansi. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh.
Kamayanti, Ari. Cinta: Tindakan Berkesadaran Akuntan (Pendekatan Dialogisdalam Pendidikan Akuntansi). Makalah Simposium Nasional 2012, hal 1-23.
Kurniawan, Rivan. 2018. Studi Kasus Enron: Bisakah Laporan Keuangan Dimanipulasi? . Diakses dari website www.finansialku.com/enron-corporation-manipulasi-laporan-keuangan/
Ludigdo, Unti. 2007. Paradoks Etika Akuntan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ludigdo, Unti. 2010. Pembelajaran Etika Bisnis dan Profesi berbasis Integrasi IESQ. Makalah Karya Inovasi Unggul Ketua Jurusan Perguruan Tinggi Negeri Tingkat Nasional. Jakarta. Kementrian Pendidikan Nasional.
Madura, Jeff. 2007. Pengantar Bisnis. Jakarta : Salemba Empat.
Mathews, M.R. dan M.H.B. Parera. 1996. Accounting Theory and Development. International Thompson Publishing Company. South Melbourne.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moneva, J. M., P. Archel, dan C. Correa. 2006. GRI and the Camouflaging of Corporate Unsustainability. Accounting Forum 30: 121-137.
Morgan, G. 1988. “Accounting as reality construction: towards a new epistemology for accounting practice”. Accounting, Organizations and Society. Vol 13, No 5, hal 477-485.
Mulawarman, Aji Dedi. 2008. “Pendidikan Akuntansi Berbasis Cinta: Lepas dari Hegemoni Korporasi Menuju Pendidikan yang Memberdayakan danKonsepsi Pembelajaran yang Melampui”. Ekuitas, Volume 12 Nomor 2,pp 142-145.
Mulawarman, Aji Dedi dan Unti, Lundigdo. 2010. Metamorfosis Kesadaran Etis Holistik Mahasiswa Akuntansi Implementasi Pembelajaran Etika Bisnis dan Profesi Berbasis IESQ. Jurnal Akuntansi Multiparadigma (Vol. 1, Nomor 3, Desember 2010, 429-444).
Mulawarman, Aji Dedi. 2014. Akuntansi Tjokro-an Kritis ala HOS Tjokroaminoto. Ekonomika Jurnal Paradigma Islam di Bidang keuangan, Ekonomi dan Pembangunan.
Mulawarman, Aji Dedi. 2015. Jang Oetama: Jejak dan Perjuangan H.O.S Tjokroaminoto. Galang Press. Yogyakarta.
Mulawarman, Aji Dedi. (Ed.).(2019). Memeriksai Alam Kebenaran. Jakarta: Yayasan Rumah Peneleh.
Sanders, P. 1982. “Phenomenology: A New Way of Viewing Organizational Research”. Academy of Management Review. Vol 7, No3, hal 353-360.
Salam, Burhanuddin. (2012). Etika Individual: Pola Dasar Filsafat Moral. Jakarta: Rineka Cipta.
Siregar, Ade rahmawati. (2006). Motivasi Berprestasi Mahasiswa Ditinjau Dari Pola Asuh. Diakses dari http:repository.usu.ac.id/handle/123456789/7334
Soejono Soemargono. 1983. Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Nur Cahaya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Triyuwono, Iwan. 2001. Metafora Zakat dan Syari’ah ET sebagai konsep Dasar dalam Membentuk Akuntansi Syariah. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia. Volume 5, Nomer 2, hal 131-145
Triyuwono, I. 2009. Perspektif, Metodologi, dan Teori Akuntansi Syariah. Jakarta: Rajawali Press.
Triyuwono, Iwan. 2010. Mata Ketiga: Se Laen Sang Pembebas Sistem Pendidikan Tinggi Akuntansi. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Volume 1, Nomor 1, Hal 1-23.
Triyuwono, Iwan. 2011. Mengangkat “Sing Liyan” Untuk Formulasi Nilai Tambah Syari’ah. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Volume 2, Nomor 2, Hal 186-200.
Tuasikal, Muhammad Abduh. (2014). Pelajarilah dahulu adab dan akhlak. Diakses dari website www.muslim.or.id: https://muslim.or.id/21107-pelajarilah-dahulu-adab-dan -akhlak.html
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
Published
2020-12-10
How to Cite
Firmansyah, N. I., & Mulawarman, A. D. (2020). Menembah gusti sebagai basis adab menuntut ilmu. Oetoesan-Hindia: Telaah Pemikiran Kebangsaan, 2(2), 50-75. https://doi.org/10.34199/oh.2.2.2020.006